Promotion Mix atau bauran promosi adalah
kombinasi strategi yang paling baik dari unsur-unsur promosi yang digunakan
untuk mencapai tujuan perusahaan. Philip Kotler dan Gary Armstrong
(2004:600), menyatakan bahwa:
“Bauran promosi merupakan bauran tertentu pemasangan iklan
(advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales
promotion), hubungan masyarakat (public relation), dan alat-alat pemasaran
langsung (direct marketing) yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai
tujuan-tujuan pemasangan iklan dan pemasaran”.
Menurut Basu Swastha (1999), promotional mix adalah:
“Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan,
Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk
mencapai tujuan program penjualan”.
Unsur-unsur promotion mix/bauran pemasaran antara lain:
Advertising
(Iklan)
Advertising atau iklan merupakan bentuk komunikasi non individu tentang
suatu produk, merk, perusahaan atau toko melalui media tertentu dengan membayar
sejumlah biaya tertentu. Tujuan utama iklan adalah mempengaruhi afeksi dan
kognisi konsumen untuk meningkatkan permintaan (pembelian) atas produk yang
ditawarkan perusahaan. Di sisi lain iklan juga berfungsi untuk membangun citra
produk dalam jangka panjang.
Manfaat iklan menurut Indrayana (2009) adalah :
·
Memungkinkan penjual untuk berkomunikasi
dengan banyak orang sekaligus.
·
Memungkinkan penjual untuk menyebarkan
informasi tentang produk dan perusahaan.
·
Memungkinkan penjual untuk mendramatisir
perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara dan warna yang
menarik perhatian.
Direct
Marketing
Direct marketing melibatkan penggunaan e-mail, telepon, fax, ataupun
alat-alat lainnya untuk berkomunikasi dengan konsumen untuk mendapatkan
tanggapan secara langsung. (Zeithaml,2006:499). Contohnya; pada iklan Kozui
Slimming Suit, pada saat penayangan iklan disebutkan juga nomor telepon yang
dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi dan melakukan pemesanan, hal ini
memungkinkan perwakilan dari perusahaan untuk berkomunikasi dan mendapatkan
respon secara langsung dari konsumen.
Personal
Selling
Personal selling melibatkan interaksi secara langsung antara penjual dengan
pembeli potensial. Personal selling merupakan alat yang paling efektif terutama
dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pembeli. Alasannya adalah
karena penjualan pribadi, jika dibandingkan dengan periklanan, memiliki tiga
manfaat tersendiri:
·
Personal selling mencakup hubungan yang
hidup, langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak
dapat melihat kebutuhan dan karakteristik pihak lain secara lebih dekat dan
segera melakukan penyesuaian.
·
Personal selling memungkinkan timbulnya
berbagi jenis hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai ke hubungan
persahabatan. Wiraniaga yang efektif harus terus berupaya mengutamakan
kepentingan pelanggan jika mereka ingin mempertahankan hubungan jangka panjang.
·
Personal selling membuat pembeli merasa
berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan wiraniaga. Pembeli terutama sekali
harus menanggapi, walau tanggapan tersebut hanya berupa ucapan “terima kasih”
secara sopan.
Publisitas
Menurut Basu Swastha (2000:273), publisitas adalah sejumlah informasi
tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat
melalui media tanpa dipungut biaya, ataupun tanpa pengawasan dari sponsor. Bila
dibandingkan dengan alat promosi yang lain, publisitas memiliki beberapa
kebaikan antara lain :
·
Lebih dapat dipercaya, sebab berupa
suatu berita bukan iklan
·
Dapat menjangkau orang-orang yang tidak
mau membaca iklan
·
Jauh lebih murah, karena tanpa biaya
· Dapat ditempatkan pada halaman depan
dari sebuah surat kabar atau pada posisi lain yang menyolok.
Public
Relation
Public Relation atau hubungan masyarakat adalah salah satu kegiatan
perusahaan yang bertujuan untuk mengetahui perilaku publik, mengidentifikasi
isu-isu terkait dengan masyarakat, dan mengembangkan hubungan yang baik di
antara perusahaan dan para pemangku kepentingan. Public relation digunakan
untuk mempromosikan perusahaan, orang-orangnya, ide-idenya, dan gambarannya dan
bahkan menciptakan saling pengertian di antara karyawan. Public Relation dapat
meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk ataupun perusahaan, dan dapat
membentuk image seperti kualitas, inovatif, nilai, ataupun perhatian terhadap
isu-isu sosial. (Ferrell dan Hartline, 2008:294)
Sales
Promotion
Sales promotion adalah rangsangan langsung yang diberikan perusahaan kepada
konsumennya dengan tujuan untuk meningkatkan keinginan membeli produk.
Rangsangannya bisa dalam berbagai bentuk, antara lain :
·
Pemberian contoh barang secara
cuma-cuma.
·
Kupon berhadiah
·
Rabat, merupakan pengurangan harga yang
diberikan kepada pembeli
·
Potongan harga
·
Peragaan, memamerkan barang-barang pada
waktu tertentu, tempat dan situasi tertentu
Event Sponsorship
Event sponsorship adalah salah satu bentuk promosi dengan cara perusahaan
memberikan sponsor kepada sebuah acara atau program tertentu, yang memungkinkan
konsumen pada saat melihat acara tersebut secara otomatis akan melihat atupun
teringat pada produk ataupun perusahaannya. Contoh dari event sponsorship
adalah yang dilakukan oleh perusahaan rokok Djarum yang mensponsori Liga
Indonesia. Melalui acara Liga Indonesia tersebut, rokok Djarum menjadi semakin
dikenal oleh masyarakat.
Media
elektronik
Media elektronik adalah salah satu bentuk promosi yang sedang populer pada
saat ini, contohnya adalah promosi melalui jejaring sosial misalnya facebook,
twitter. Selain itu website resmi perusahaan juga merupakan sarana yang baik
untuk promosi.
No comments:
Post a Comment