Monday, 27 October 2014

Promotion Mix

Promotion Mix atau bauran promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari unsur-unsur promosi yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaanPhilip Kotler dan Gary Armstrong (2004:600), menyatakan bahwa:
Bauran promosi merupakan bauran tertentu pemasangan iklan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), dan alat-alat pemasaran langsung (direct marketing) yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan pemasangan iklan dan pemasaran”.

Menurut Basu Swastha (1999), promotional mix adalah:
Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”.
Unsur-unsur promotion mix/bauran pemasaran antara lain:

Advertising (Iklan)
Advertising atau iklan merupakan bentuk komunikasi non individu tentang suatu produk, merk, perusahaan atau toko melalui media tertentu dengan membayar sejumlah biaya tertentu. Tujuan utama iklan adalah mempengaruhi afeksi dan kognisi konsumen untuk meningkatkan permintaan (pembelian) atas produk yang ditawarkan perusahaan. Di sisi lain iklan juga berfungsi untuk membangun citra produk dalam jangka panjang.
Manfaat iklan menurut Indrayana (2009) adalah :
·         Memungkinkan penjual untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.
·         Memungkinkan penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk dan perusahaan.
·         Memungkinkan penjual untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.

Direct Marketing
Direct marketing melibatkan penggunaan e-mail, telepon, fax, ataupun alat-alat lainnya untuk berkomunikasi dengan konsumen untuk mendapatkan tanggapan secara langsung. (Zeithaml,2006:499). Contohnya; pada iklan Kozui Slimming Suit, pada saat penayangan iklan disebutkan juga nomor telepon yang dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi dan melakukan pemesanan, hal ini memungkinkan perwakilan dari perusahaan untuk berkomunikasi dan mendapatkan respon secara langsung dari konsumen.

Personal Selling
Personal selling melibatkan interaksi secara langsung antara penjual dengan pembeli potensial. Personal selling merupakan alat yang paling efektif terutama dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pembeli. Alasannya adalah karena penjualan pribadi, jika dibandingkan dengan periklanan, memiliki tiga manfaat tersendiri:
·         Personal selling mencakup hubungan yang hidup, langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak dapat melihat kebutuhan dan karakteristik pihak lain secara lebih dekat dan segera melakukan penyesuaian.
·         Personal selling memungkinkan timbulnya berbagi jenis hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai ke hubungan persahabatan. Wiraniaga yang efektif harus terus berupaya mengutamakan kepentingan pelanggan jika mereka ingin mempertahankan hubungan jangka panjang.
·         Personal selling membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan wiraniaga. Pembeli terutama sekali harus menanggapi, walau tanggapan tersebut hanya berupa ucapan “terima kasih” secara sopan.

Publisitas
Menurut Basu Swastha (2000:273), publisitas adalah sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya, ataupun tanpa pengawasan dari sponsor. Bila dibandingkan dengan alat promosi yang lain, publisitas memiliki beberapa kebaikan antara lain :
·         Lebih dapat dipercaya, sebab berupa suatu berita bukan iklan
·         Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan
·         Jauh lebih murah, karena tanpa biaya
·     Dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisi lain yang menyolok.

Public Relation
Public Relation atau hubungan masyarakat adalah salah satu kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk mengetahui perilaku publik, mengidentifikasi isu-isu terkait dengan masyarakat, dan mengembangkan hubungan yang baik di antara perusahaan dan para pemangku kepentingan. Public relation digunakan untuk mempromosikan perusahaan, orang-orangnya, ide-idenya, dan gambarannya dan bahkan menciptakan saling pengertian di antara karyawan. Public Relation dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk ataupun perusahaan, dan dapat membentuk image seperti kualitas, inovatif, nilai, ataupun perhatian terhadap isu-isu sosial. (Ferrell dan Hartline, 2008:294)

Sales Promotion
Sales promotion adalah rangsangan langsung yang diberikan perusahaan kepada konsumennya dengan tujuan untuk meningkatkan keinginan membeli produk. Rangsangannya bisa dalam berbagai bentuk, antara lain :
·         Pemberian contoh barang secara cuma-cuma.
·         Kupon berhadiah
·         Rabat, merupakan pengurangan harga yang diberikan kepada pembeli
·         Potongan harga
·         Peragaan, memamerkan barang-barang pada waktu tertentu, tempat dan situasi tertentu

Event Sponsorship
Event sponsorship adalah salah satu bentuk promosi dengan cara perusahaan memberikan sponsor kepada sebuah acara atau program tertentu, yang memungkinkan konsumen pada saat melihat acara tersebut secara otomatis akan melihat atupun teringat pada produk ataupun perusahaannya. Contoh dari event sponsorship adalah yang dilakukan oleh perusahaan rokok Djarum yang mensponsori Liga Indonesia. Melalui acara Liga Indonesia tersebut, rokok Djarum menjadi semakin dikenal oleh masyarakat.

Media elektronik
Media elektronik adalah salah satu bentuk promosi yang sedang populer pada saat ini, contohnya adalah promosi melalui jejaring sosial misalnya facebook, twitter. Selain itu website resmi perusahaan juga merupakan sarana yang baik untuk promosi.

No comments:

Post a Comment